#8 Apa Sih yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memilih/Bertahan dengan Pekerjaan ?


Pernah ga kalian bingung waktu milih pekerjaan seperti apa yang cocok buat kalian ? Faktor apa yang harus kalian pertimbangkan dalam memilih pekerjaan ? Atau mungkin kalian sudah bekerja, lalu merasa tidak puas dan berpikir ulang apakah harus bertahan atau mengundurkan diri ?

Disini saya bakalan kasih beberapa faktor berpengaruh buat kalian yang mau memilih pekerjaan atau yang ingin memutuskan tetap bertahan atau berhenti dari suatu pekerjaan. Let's check this out !

1. Sesuai dengan ilmu yang dimiliki
Sebagian besar dari kalian pasti akan memilih melakukan pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu yang kalian tekuni semasa sekolah atau kuliah. Itu bukan hal yang salah. Saya pun termasuk salah satunya. Bekerja di bidang yang kita kuasai tentunya menjadi keunggulan bagi kita. Ada sebagian orang juga yang akan merasa sayang kalo kita kerja bukan di bidang yang selama ini kita tekuni. Kita akan merasa lebih mudah untuk melakukan pekerjaan dari hal yang sudah 'terbiasa' oleh kita.

2. Sesuai dengan bidang yang diminati
Bidang yang kita minati tidak selalu sama dengan bidang yang kita kuasai. Tapi mungkin bagi sebagian orang atau bahkan sebagian besar orang punya bidang yang diminati sama seperti bidang yang dikuasai. Ini juga hal yang normal. Tapi untuk ((mungkin)) sebagian kecil orang, tidak semua bidang yang diminati itu sama dengan bidang yang dikuasai. Contoh, bisa aja lulusan sarjana teknik tapi berminat kerja di bidang keuangan atau marketing. Itu hanya contoh dan pastinya ada lebih banyak lagi fakta tentang ini yang lebih ruwet.

3. Lingkungan kerja
Menurut saya, lingkungan kerja ini juga cukup berpengaruh buat kelangsungan 'worklife' kalian. Apakah kalian kerja di tengah kota besar, desa terpencil, di tengah hutan, di daerah konflik, atau tempat-tempat ekstrim maupun ga terduga lainnya. Kalian harus ingat, yang namanya bekerja pasti akan ada saatnya kalian harus bersosialisasi dengan sekitar dan  menerima keadaan juga. Apa kalian akan siap bekerja di daerah tersebut yang misalnya terlalu macet, ga ada sinyal, atau yang lainnya.

4. Suasana kerja
Suasana kerja menurut saya satu hal yang cukup penting dan cukup berpengaruh saat kita kerja. Ini hal yang paling cepet berpengaruh ke psikologis sih. Misalnya suasana kerjanya terlalu tegang, apa kamu siap menghadapi itu ? Misal yang lain, suasana bersaing yang ga sehat, terlalu banyak bercanda, atau bentuk yang lainnya. Ini emang sulit sih diperkirakan saat awal kamu mau milih pekerjaan, karna waktu kamu tes kerja belum tentu bisa menyaksikan suasana kerjanya secara langsung. Kalo kamu dapet kesempatan tes kerjanya kebetulan di dalam kantornya, mungkin kamu bisa sambil memperhatikan sekitar dan menilai. Tapi ini hal yang mudah bagi kamu yang sedang bekerja dan lagi berpikir apakah harus pindah tempat kerja atau bertahan.

5. Rekan kerja dan atasan/pimpinan
Kayaknya sih ya, sebagian besar atasan kerja pasti nyebelin bagi kita. Bener ga ? Tapi ya seberapa nyebelin sih ? Bagi saya, kalo cuma suka marah, suka nyuruh ngerjain kerjaan lain, atau ngomongin kita di belakang, kayaknya hampir semua atasan di manapun begitu. Tapi kalo atasan ga pernah menghargai atau bersikap adil sama kita, mungkin itu bisa dipikirin lagi deh. Saat kalian wawancara kerja, bisa aja kalian menilai user yang mewawancara kalian itu kayak apa. Itu bisa jadi gambaran gimana sih tipe atasan kalian nanti di tempat kerja itu.

6. Jarak tempat bekerja ke tempat tinggal
Effort kita untuk berangkat dan pulang kerja, harus sebanding sama poin nomer 7 nanti. Akomodasi apa yang kalian gunakan ? Berapa lama kalian butuh waktu buat pulang-pergi kerja ? Berapa biaya yang harus kalian habiskan untuk transportasi ke tempat kerja ? Apakah kalian harus menyewa kamar kos/kontrakan selama bekerja dan berapa biayanya ? Hal ini perlu kalian pertimbangkan. Mungkin juga ada beberapa orang yang misalnya harus bekerja di luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri tapi ga bisa atau ga mau karna terlalu jauh dengan keluarga. Karna kondisi tiap keluarga beda-beda.

7. Finansial : Gaji dan tunjangan
Gaji dan tunjangan saya gabung sebagai aspek finansial. Finansial apa yang ditawarkan dari tempat kerja kamu ? Apakah sebanding dengan pekerjaan, jarak tempuh, jam kerja, dan beban kerja yang kamu lakukan untuk perusahaan ? Karna ga semua perusahaan bersikap adil untuk hal ini, walaupun udah ada dasar hukumnya di Indonesia. Ada perusahaan yang ngasih gaji tinggi, tapi tunjangannya sedikit atau sebaliknya. Ada perusahaan yang ngasih gaji dan tunjangan rendah tapi beban kerjanya tinggi. Tapi ada juga perusahaan yang mau ngasih gaji dan tunjangan yang sebanding dengan hasil kerja karyawannya. Sangat beragam.

8. Jam kerja
Normalnya (sesuai dengan hukum di Indonesia) jumlah jam kerja itu 8 jam, biasanya ditambah dengan 1 jam istirahat jadi total kita di tempat kerja sebanyak 9 jam. Tapi ga semuanya gitu. Ada yang kerja 10 jam, 12 jam, atau bahkan lebih. Mungkin juga bukan jumlah jamnya, tapi waktunya. Apakah kamu kerja dari pagi sampe sore, sore sampe tengah malem, atau dari tengah malem sampe pagi ? Biasanya waktu kerja yg kedua dan ketiga itu berlaku di tempat kerja yang on going 24 jam dan mereka berlakukan sistem shifting.

9. Beban kerja dan Resiko Pekerjaan
Setiap pekerjaan punya beban kerja dan resiko yang berbeda. Nanti akhirnya akan berpengaruh dengan seberapa banyak kamu dihargai (gaji dan tunjangan) dari pekerjaan kamu ? Tentu ((harusnya)) orang yang kerjanya ngetik di kantor beda dong dengan orang yang kerjanya analisis di lapangan/outdoor atau kamu yang kerjanya di bidang keuangan pasti beda dengan yang di bidang teknik ? Mungkin juga perbandingan lainnya. Karna beban kerjanya beda dan resiko pekerjaannya beda. Orang yang kerja di dalem kantor ga kepanasan, mau makan dan minum gampang, bahkan nyari toilet dan mau istirahat pun gampang, beda dengan yang kerja di lapangan/outdoor. Orang yang kerja di bidang teknik punya resiko gagal desain, kecelakaan kerja, atau penyakit akibat kerja yang ga sebanding dengan misalnya yang kerja di bidang keuangan. Kalo ternyata tawaran finansial yang ditawarin menurut kamu terlalu rendah, coba deh kalian bandingin sama yang beban kerjanya lebih tinggi. Jadi jangan terlalu gampang iri.

10. Jenjang karir
Kamu disana statusnya sebagai apa ? Karyawan magang atau karyawan kontrak ? Kalo kalian udah diangkat sebagai karyawan tetap, seberapa logis kesempatan kalian untuk naik pangkat misalnya dari staf ke supervisor ? Kalian harus jelas menanyakan dan tau seberapa besar kesempatan kalian disana untuk berkembang. Kalo misalnya kamu kerja tujuannya untuk berkarir, mending tinggalin aja tempat kerja yang ga ngasih kamu kesempatan buat berkembang.

11. Fasilitas kerja
Fasilitas apa sih yang disediakan kantor buat kamu kerja ? Kalo apa-apa yang kamu butuhkan selama proses kamu kerja (tentunya hal yang berkaitan dengan pekerjaan kamu) tapi kamu ga dikasih fasilitasnya, mungkin sebaiknya kamu pikirin lagi. Kecuali kalo kamu bekerja untuk jadi sukarelawan ya, itu jelas beda.

Dari sekian banyak hal di atas, pastinya ga mungkin kalian dapet tempat kerja yang semuanya sempurna atau ideal seperti keinginan kita. Pasti ada aja kurangnya. Tapi paling engga 3 - 4 poin di atas ada yang positif atau nyaman bagi kalian.

Sebelum kalian nentuin pilihan juga jangan lupa berdoa yang ekstra dan mohon doa restu juga dari keluarga dan kerabat, supaya nantinya pilihan yang diambil bener-bener cocok buat kamu. Semoga sedikit ocehan ini bisa membantu kalian !

***

Sekian. See you~
Have a nice day ☀

Comments

My Friends

Total Views