#6 Kerja Bareng Orang Jepang !


Jadi sebulan terakhir ini saya ikut proyek dari kantor buat jadi asisten geologist. Proyeknya sih masih di Jakarta, tapi di lapangan terus. Soalnya weekend pun masuk. Full. Non stop. Working never ends~ Pulang udah hampir malem, ku lelah di jalannya pula. Kadang bosen juga disana kalo pas kayak sekarang gini lagi ga ada kerjaan. Cuma bengong doang. Mau bawa laptop juga rempong. Ga ada listrik gais disono. Kerja di kota berasa kerja di hutan.

Oke, cukup keluhannya.

Jadi saya mau cerita kalo saya disini kerja sama orang dari Jepang. Mereka dari konsultan teknik di Jepang gitu yang juga punya cabang di Indonesia. Nah yang sering dateng ke tempat kerja saya ini ternyata orang-orang professional geologist. Saya di proyek ini ditugasin jadi asisten geologist.

Beruntungnya, para senior ini terbilang engineer Jepang yang ramah dibanding kebanyakan yang lainnya. Kebayang dong, betapa excited-nya saya. Saya sering liat beliau-beliau ini ngobrol bareng geologist tim kantor saya sambil ngerubung gitu, kadang diselingin tawa-tawa juga. Saya yang cuma asisten dan baru banget gabung, cuma ngeliatin dari agak jauh tanpa terlalu dengerin pembicaraan mereka.

Sekitar 2 minggu setelah saya gabung di tim, ternyata geologist tim saya ini mau cuti akhir taun. Akhirnya saya lah yang disuruh gantiin beliau ini buat bikinin laporan harian ke orang Jepang-nya dan keep contact sama mereka kalo sewaktu-waktu mereka mau dateng ke lokasi proyek. Btw, perusahaan Jepang ini yang jadi pemberi kerja jadi mereka ga full time di lapangan dan berhak dapet laporan dari kita (re : saya).

Oh iya, komunikasi saya dan si Jepang ini hanya via email dan pake bahasa Inggris. Sebenernya saya agak ga terbiasa sih kalo ngobrol via email, karna udah keseringan pake WA di kantor saya. Nah mereka ini ga familiar sama WA, jadi kalo ngobrol tuh via email. Wkwkwk saya agak ga terbiasa aja sih.

Setelah beberapa kali kontak si Jepang via email, saya baru sadar kalo ternyata kita sama-sama ga jago-jago amat lah bahasa Inggrisnya. Karna saya suka menemukan kata atau kalimat janggal dari beliau ataupun saya yang mesti google translate dulu hahaha.

Beberapa hari kemudian, beliau konfirmasi kalo mau dateng ke lokasi proyek. Itu kali pertama saya akan berhadapan langsung sama beliau buat diskusi. Karna beliau bilang cuma mau diskusi tentang timeline kerja, akhirnya saya cuma pelajarin ‘bahasa Inggris’ seputar bahasan tersebut.

Tapi tiba-tiba, pas doi dateng minta ngeliat corebox juga. Fyi, corebox itu kotak yang isinya batuan yang dipotong dan diangkat dari hasil aktivitas pemboran. Awalnya saya pede aja karna saya masih paham lah kalo ditanya batu. Tapi ternyata tak semudah itu, Ferguso !

Beliau ini kayaknya agak bingung mengartikan yang dia maksud ke bahasa Inggris dan saya pun sama ! 😂

Beliau akhirnya ngomong pake bahasa campuran Jepang-Inggris-Indonesia macem gado-gado aja. Saya pun juga akhirnya ngomong pake bahasa campuran Inggris-Indonesia.

Kadang saya ngerti maksud beliau, tapi ga bisa ngejelasinnya pake bahasa Inggris atau saya mau ngejelasin, tapi ga tau bahasa Inggrisnya apaan. Beliau pun sama juga kayak gitu. Kalo udah nyerah banget sama apa yang kita diskusiin, kita akhirnya memutuskan buat ngegambar yang kita maksud di buku. Setiap kita udah miskom, pasti kita selalu ketawa.

Setelah beliau pulang, senior di proyek saya bilang kalo biasanya kalo mereka ngobrol bareng geologist (yang lagi cuti) juga sering ketawa-tawa gara-gara mereka sama-sama ga ngerti mau ngobrol pake bahasa apaan.

Hahahahahaha. Jadi ternyata gara-gara itu, saya baru tau !

Lucu ga ? Ga lucu ya ? Yaudah. Ha ha ha

Kalo diinget-inget entah kenapa saya selalu aja ketawa sendiri, padahal ga lucu ya sampis banget emang saya ini -__- wkwkwk

Tapi untungnya beliau ini orangnya ramah dan ga jutek, jadi walaupun gue ga paham pun beliau berusaha menjelaskan ke saya (meski pake gambar sekali pun) sampe saya paham.

***

Sekian. See you~
Have a nice day ☀

Comments

My Friends

Total Views