#5 Cerita Awal Desember


Ceritanya lagi kesel, walaupun sempet galau juga. Ha ha ha

Jadi, di akhir November ini saya ikut tes kerja di suatu perusahaan. Perusahaan ini terbilang cukup bagus dan familiar di bidang migas atau teknologi. Apalagi ini perusahaan swasta asing. Pekerjaan utamanya sih mereka menawarkan software migas dan jasa konsultansi eksplorasi sampai eksploitasi migas.

Waktu ngelamar disana saya cukup tertarik dan pede, soalnya saya punya pengalaman di bidang itu. Datanglah saya kesana waktu dipanggil wawancara. Waktu diwawancara, usernya laki-laki. Orangnya sih cukup menghargai dan apresiasi sama pengalaman saya dan hasil wawancara saya saat itu. Dari hasil wawancara itu dia bilang 'oke' yang artinya saya bisa diterima di posisi yang mereka tawarkan.

Tapi masalahnya, saat itu saya masih kerja di perusahaan lain dan beliaunya ini juga paham berdasarkan review CV saya. User ini berencana ngasih saya waktu buat proses pengunduran diri di kantor. Waktu itu saya bilang, mungkin sekitar 2 sampai 4 minggu untuk proses dan dia ga merasa bermasalah.

Waktu itu saya udah merasa oke banget nih, tinggal ngurus proses pengunduran diri. Saya wawancara hari jumat, besoknya langsung saya siapin berkas buat pengunduran diri yang mau saya ajuin hari senin besoknya. 

Tiba-tiba, hari minggu saya ditelfon dari kantor mereka. Tapi yang nelfon saya bukan user yang wawancarain saya, user yang lain dan perempuan. Dari hasil obrolan saat itu saya udah menilai kalo orang ini ga bersahabat dan kurang profesional (menurut saya), apalagi dia bicara pake nada ketus dan di waktu maghrib. Dia minta saya buat konfirmasi tanggal berapa saya bisa masuk kerja di perusahaannya. Logikanya, saya harus diskusi dulu dong dengan bagian HRD di perusahaan saya untuk proses pengunduran diri butuh berapa lama dan persiapan berkasnya. Akhirnya saya lobi untuk kasih informasinya besok.

Besoknya, saya ga langsung proses pengunduran diri saya waktu itu. Saya berencana buat minta draft kontrak dari perusahaannya dulu dan surat resmi atas penerimaan saya di perusahaannya. Waktu saya telfon, yang terima telfon saya ini user yang laki-laki. Akhirnya saya minta buat dikirimin draft kontrak dan dia bilang 'oke' buat dikirim siang itu juga. TAPI, sampe besoknya pun ga dikirim.

Saya telfon lagi hari selasa itu dan yang terima telfon user yang perempuan. Saya jelasin lah ke beliau kalo saya butuh draft kontrak dan surat penerimaan itu. Hasil dari obrolan saat itu, intinya pihak mereka ga mau kasih draft kontrak dan surat penerimaan kalo saya ga bisa janjiin buat masuk kerja disana hari senin depannya. Lucu ga sih ? Ketika kamu kerja di sebuah perusahaan, apa masuk akal kalo proses pengunduran diri cuma diproses dalam 3 hari ? Apalagi saat itu posisi saya disana sebagai karyawan kontrak, bukan anak magang. Proses yang normal itu rata-rata butuh waktu sekitar 3 - 4 minggu. Dan yang lebih lucu LAGI, beliau ini intinya bilang kalo dia ini ga peduli gimana caranya dan prosedur pengunduran diri saya kayak gimana di perusahaan, yang jelas dia pengen saya hari senin masuk kerja disana. Dia bilang hal itu dengan nada ketus dan nada tinggi pula.

Saat itu juga saya langsung syok dengernya dan otomatis ketawa. Saya bilang aja kalo saya perlu diskusi lagi sama HRD. Padahal sih, sejak dari obrolan itu saya langsung jadi males banget masuk sana. Ngebayangin harus kerja sama orang-orang kayak gitu, ga banget lah.

Apalagi ga mau ngasih draft kontrak. Bukannya apa-apa. Sebelum kita resign, kita harus pastiin dulu kalo bunyi kontrak itu sesuai dengan apa yang didiskusiin sebelumnya dan kita setuju. Entar jangan-jangan kalo udah keburu resign, bunyi kontraknya beda lagi sama apa yang dijanjiin di awal waktu wawancara. Kalo udah terlanjur resign gitu gimana coba ?

Besoknya, saya langsung kasih konfirmasi kalo ga bisa masuk kerja disana minggu depan. Akhirnya batal gitu aja.

***

Sekitar 2 minggu kemudian, tiba-tiba saya ditelfon lagi sama kantor itu. Yang nelfon orangnya beda lagi. Dia mau minta saya buat nerima posisi yang ditawarkan dan ga perlu buru-buru resign. Saat itu langsung saya jawab aja, kalo saat ini gue lagi kerja di proyek sampe bulan April tahun depan (dalem hati ketawa banget, padahal ga tau sampe kapan wkwk). Akhirnya user ini bilang sangat menyayangkan karna saya ga bisa gabung di perusahaan mereka.

Kenapa saya ketawa dalem hati ? Bukan bermaksud sombong. Tapi lucu aja, setelah mereka perlakukan saya kayak gitu (menurut saya kurang profesional dan kurang etis) yang seakan ga menghargai pengalaman saya dan perusahaan tempat saya kerja, mereka masih bisa-bisanya minta saya lagi buat masuk kesana. Lucu aja.

***

Mungkin cerita ini bisa ngasih referensi ke kalian, jangan tergesa buat ngambil keputusan pindah kerja dan memproses surat pengunduran diri kalo belom ada kejelasan tentang pekerjaan kalian di tempat kerja baru. Adakah yang punya pengalaman serupa ? Hehehehe

Sekian. See you~
Have a nice day ☀

Comments

My Friends

Total Views