#7 Penghujung Tahun 2018


Akhirnya sampe juga kita di penghujung tahun 2018. Ga kerasa banget. Tahun ini berlalunya cepet banget. Dan ceritanya juga banyak banget.

Kira-kira akhir tahun gini kegiatannya ngapain ya enaknya ?

Mungkin sebagian dari kalian ada yang menghabiskan waktu sama keluarga, teman, atau pacar di luar rumah, makan-makan, gathering kantor, main atau jalan-jalan. Banyak lah ya pokoknya.

Tapi karna berhubung saya sekarang pertama kalinya ngerasain akhir tahun ga libur, saya lebih milih buat di rumah dan istirahat (kalo bisa malah tidur cepet hahaha). Waktu masih kuliah dulu juga saya di kosan sih akhir tahun gini wkwkwk tapi biasanya gue nonton film seharian atau main game seharian. Ga mikir deh besoknya mau capek atau ngantuk, tapi sekarang mah ga gitu. Makin tua, makin cepet capek 😂

Nah biasanya akhir tahun gini saya juga merenung (sok banget !). Cocok banget nih, mumpung sekarang juga lagi ujan. Makin sendu dan adem (?)

Apa aja yang saya renungkan ?
1. Biasanya saya nge-review selama setahun ini apakah saya bisa mencapai semua goals saya atau engga.
2. Apa penyebab kegagalan saya dan saya harus ngapain selanjutnya.
3. Hal dan makna apa yang saya dapet di tahun ini, pembelajaran apa yang saya dapet selama setahun ini.
4. Seberapa berhasil kah proses pendewasaan dan pembelajaran untuk diri saya sendiri.

Nah kira-kira itu sih yang suka saya renungkan. Lalu ? Pastinya saya akan kembali berkhayal buat tahun depan. Kira-kira tahun depan saya harus ngapain, goals apa yang harus saya capai, dan saya harus belajar apa tahun depan. Biasanya ini bakal saya tulis di tempat yang bakal sering saya liat (biar ga lupa 🙈).

Untuk tahun ini, hal yang sangat penting saya pelajari adalah : belajar menerima. Intinya ini.

Sepanjang tahun ini, saya akhirnya belajar menerima kalo realita hidup saya ga semudah atau ga selalu seperti yang saya harapkan. Saya akhirnya jadi paham kalimat orang-orang atau bahkan temen-temen saya seperti 'realistis aja lah, jangan idealis amat'. Ada banyak hal sepanjang tahun ini yang berjalan ga sesuai dengan keinginan atau impian saya. Kemudian saya merasa iri sama orang-orang lain yang bisa dapet keinginannya, yang bisa mudah dapetin ini itu, atau lainnya lah.

Tapi akhirnya saya sadar satu hal, bukan salah orang-orang itu kalo saya ga bisa mencapai 'sesuatu' jadi saya ga boleh iri sama mereka. Saya pun ga tau seberapa banyak usaha yang mereka lakukan untuk mencapai atau mendapat hal-hal itu.

Dan itu membuat saya untuk lebih 'tau diri', kira-kira begitu. Jadi sebelum iri, kalian harus tau dulu seberapa banyak usaha orang lain hehehe. Daripada sibuk iri, mendingan belajar menerima aja. Bukan hal mudah, tapi patut untuk dicoba.

Selain merenung, kayaknya enak juga nih kalo bisa nonton drama atau film dulu haha kan mumpung libur ((cuma)) besok heuheu~

Kalo kalian, kira-kira ngapain aja hari ini ? 😆


***

Sekian. See you~
Have a nice day ☀

Comments

My Friends

Total Views