#2 Habis Kuliah Mau Ngapain ?


Mungkin di antara kalian ada beberapa yang baru aja lulus/mau lulus kuliah atau malah udah lama lulus kuliah. Nah buat kalian yang baru aja lulus kuliah, secara ga langsung kalian akan menambah jumlah pengangguran di Indonesia 😩

Belum lama kalian mesti mikir-mikirin soal skripsi dan sidang. Setelahnya, justru kalian bakal menghadapi masalah yang lebih besar daripada skripsi dan sidang. Apa itu ?

"Sebuah pertanyaan" Hahaha

Akan ada banyak pertanyaan setelah kuliah, entah dari diri sendiri dan apalagi orang lain. Seperti "Sekarang kerja dimana ?" , "Mau langsung ambil S2 atau langsung kerja ?" , "Mau kerja dimana ?" , atau pertanyaan-pertanyaan lainnya. Percaya deh kalo setiap orang setelah lulus akan dihadang sama pertanyaan semacam itu.

Jadi sebelum kalian pusing menghadapi pertanyaan macem gitu, baiknya kalian mulai pikirin langsung setelah lulus. Lebih baik lagi kalo udah dipikirin dari sebelum kalian lulus. Akan ada banyak pertimbangan apa yang akan kalian lakukan setelah kuliah dan setiap pilihan kalian akan mengandung konsekuensi/resiko.


***

Umumnya sih, setelah kuliah nanti pilihan yang diambil adalah langsung bekerja atau langsung kuliah S2. Dari kedua pilihan itu, kira-kira apa aja sih yang harus kalian siapkan ? Saya coba menceritakan sedikit, berdasarkan pengalaman pribadi.

Kalo pilihan kalian adalah bekerja, beberapa hal yang harus kalian siapkan adalah berkasnya dan lowongannya. Kalian harus siapkan berkasnya serapi dan semenarik mungkin. Dibikin dalam satu folder dan sub-sub folder-nya. Jangan sampe nanti mau kirim lamaran kerja malah cari-cari file-nya kemana-mana. Untuk lowongannya, bisa kalian cari di berbagai media. Sekarang udah banyak website yang ngasih fasilitas buat kasih info tentang lowongan, media sosial, atau dari website karir universitas masing-masing.

Tapi kalo pilihan kalian adalah kuliah lagi, kalian harus pikirin soal universitas mana yang mau diambil, jurusan apa, tema tesisnya apa, sumber dananya dari mana, dll. Kalo kalian mau pake beasiswa, harus mulai cari-cari beasiswanya. Karena proses seleksi beasiswa itu waktunya cukup panjang.

Terlepas dari pilihan yang kalian ambil, ada baiknya juga kalian komunikasikan pilihan kalian ke orangtua dan orang-orang terdekat. Karena kalian mungkin aja bisa dapet saran atau solusi dari pilihan kalian. Dan yang ga kalah penting adalah doa yang ekstra. Karena dengan doa, segalanya bisa jadi lebih mudah.


***

Semoga terhibur. Selamat malam senin. Besok kerja. Bye hahaha.
Have a nice day ☀

Comments

My Friends

Total Views